Sunday 7 June 2020

8 Jenis Makanan Ini Ternyata Tak Boleh Disimpan Di Kulkas, Bisa Bikin Cepat Busuk Hingga Ubah Rasa



Kulkas atau almari pendingin jadi salah satunya alat elektronik yang penting buat sebagian orang. Kecuali untuk mendinginkan makanan atau minuman, sebagian orang akan meletakkan bahan makanan mereka di kulkas supaya semakin awet.

Masukkan bahan makanan seperti buah-buahan, sayur, sampai daging ke kulkas mempunyai tujuan untuk hindari dari kebusukan. Simpan beberapa makanan di kulkas dapat menolong perpanjang usia makanan. Tetapi, rupanya tidak semua makanan bisa dimasukkan ke kulkas loh.




Beberapa macam makanan spesifik malah akan cepat rusak bila dimasukkan ke kulkas. Nah, bahan makanan apa yang rupanya tidak bisa dimasukkan atau disimpan dalam kulkas? Berikut team WowKeren kumpulkan 8 macamnya. Yuk dibaca!

Umbi-umbian seperti kentang serta ubi diketahui tidak bisa disimpan di kulkas. Udara yang dingin serta lembap dalam kulkas dapat menghancurkan struktur serta rasa-rasanya. Pati yang terdapat dalam kentang serta ubi semakin lebih cepat terurai jadi gula hingga kentang serta ubi jadi berasa manis menusuk.

Disamping itu, simpan kentang dalam temperatur dingin akan membuat kentang lembab serta cepat busuk. Teksturnya yang lembut akan beralih bertambah kasar serta keras. Kentang semakin awet jika disimpan dalam temperatur ruang. Seharusnya taruh kentang serta ubi Anda dalam tempat yang kering serta tidak terkena cahaya matahari langsung, contohnya dalam almari makanan.

Memasukkan madu ke kulkas akan membuat kualitas madu jadi jelek. Temperatur dingin akan membuat madu semakin pekat, mengeras, serta mengkristal, hingga nutrisinya akan menyusut.

Madu termasuk juga bahan makanan yang awet, jadi jangan sangsi menyimpannya di temperatur ruang semasa apa saja. Seandainya disimpan di wadah yang bersih serta tertutup, madu dapat bertahan dalam tempo lama. Simpan madu di kulkas cuma membuat nutrisinya menyusut serta susah diproses.

Hal yang sangat disenangi dari kopi ialah aromanya. Tapi aroma kopi yang ciri khas itu dapat lenyap bila kita simpan bubuk kopi di kulkas. Kelembapan udara di kulkas akan mengganti kopi kalian bertambah encer serta aromanya tidak kuat. Biji kopi yang disimpan dalam kulkas akan menghisap aroma bahan makanan lain yang disimpan bertepatan.

Rasa kopi kalian juga jadi kalut sesudah ditumbuk serta diseduh. Bubuk kopi perlu diletakkan di wadah tertutup dalam suhu ruang. Masukan ke wadah yang kedap udara serta taruh dalam tempat yang tidak terkena sorotan matahari langsung akan membuat awet serta aromanya terbangun.

Tempat simpan bawang bukan di kulkas, tetapi di kantong kertas lalu meletakkannya dalam tempat gelap, sejuk, serta jauh dari kentang. Kentang condong melepas uap air serta gas yang bisa mengakibatkan bawang cepat busuk. Sedang kelembapan kulkas membuat bawang gampang berjamur.

Cukup taruh bawang bombai dalam tempat yang kering, tidak terkena cahaya matahari langsung, serta bersuhu cukup sejuk. Bawang bombai Anda juga tetap renyah serta beraroma ciri khas. Disamping itu, aroma bawang bombai pun tidak akan memengaruhi makanan lain di kulkas kalian.

Tomat yang disimpan di kulkas semakin lebih cepat masak dibanding yang disimpan di temperatur ruang. Karena itu, bila tomat yang telah masak disimpan dalam kulkas semakin lebih cepat membusuk.

Disamping itu, simpan tomat dalam kulkas justru akan membuat kusam serta lembek. Udara yang dingin akan mengganti rasa tomat bertambah cemplang. Penyimpanan tomat yang paling baik ialah dalam tempat yang perputaran udaranya lancar, contohnya di atas meja dapur.

Ada asumsi jika roti yang disimpan di kulkas bisa menjadi bertahan lama. Walau sebenarnya walau bertahan lama, roti itu akan mengeras serta kehilangan kelembapan. Mengakibatkan, roti juga jadi berasa kurang lezat walau telah dihangatkan di microwave.

Seharusnya taruh roti dalam wadah kedap udara semasa paling lama 3 hari. Bila kalian memang tidak dapat menghabiskannya dalam periode waktu itu, masukan ke wadah tertutup saat akan disimpan di kulkas atau freezer.

Seharusnya kacang-kacangan mentah seperti kacang tanah, kacang almond, kacang mete, serta kacang hijau tidak masuk ke kulkas. Masalahnya kacang yang disimpan di kulkas dapat kurangi rasa gurih ciri khas kacang-kacangan. Disamping itu, kulit kacang dapat juga menghisap bau-bauan dari kulkas kalian.

Cukup masukan kacang-kacangan dalam wadah kedap udara serta taruh dalam tempat yang kering serta jauh dari paparan cahaya matahari langsung. Tetapi, bila kalian memang ingin menyimpannya kurang lebih semasa satu tahun, taruh dalam wadah tertutup di freezer.

Sama dengan bawang bombai, bawang merah serta putih disimpan terbaik dalam tempat yang sejuk serta kering. Bila disimpan di almari es dapat membuat bawang berjamur dengan cepat sekali. Taruh bawang putih dalam tempat yang kering. Tempat yang lembap seperti kulkas dapat membuat bawang terkena jamur serta jadi lembek.

Bila bawang telah dihaluskan karena itu dapat disimpan semasa beberapa minggu di kulkas. Disamping itu, rasa bawang putih serta bawang merah pun tidak akan setajam awalnya hingga masakan kalian juga jadi berasa semakin cemplang. Karena itu, taruh bawang-bawang kalian dalam tempat yang kering dengan perputaran udara yang baik. Jauhi bawang putih serta bawang merah dari cahaya matahari langsung.