Sunday 7 June 2020

Tuding Lathi Challenge Haram Dan Menyesatkan, Pemuka Agama Di Malaysia Kena Hujat


WowKeren - Lagu "Lathi" yang dibawakan Weird Brilian bersama-sama Sara Fajira sedang menjadi pembicaraan. Tidak hanya musiknya yang mendapatkan banyak pujian sebab menggabungkan musik EDM serta gamelan dengan lirik lagu Bahasa Inggris serta Jawa. Video dari lagu punya group yang digawangi Reza Oktovian alias Reza Arap, Eka Gustiwana, serta Gerald Liu yang telah dilihat nyaris 40 juta kali itu semakin trending sesudah ada #LathiChallenge.




Bermula dari video TikTok dari beauty vlogger Jharna Bhagwani yang membuat suatu panduan make up dengan backsound lagu Weird Brilian itu. Mngikuti video klip "Lathi" yang memvisualisasikan seorang wanita yang diperlakukan semena-mena oleh kekasihnya, Jharna memperlihatkan perkembangan dari pengantin Jawa sampai beralih jadi figur yang menakutkan.

Sesudah trending video TikTok yang dibikin oleh Jharna Bhagwani, sekarang banyak yang ikuti Lathi Challenge. Tidak cuma di Indonesia, Lathi Challenge memasuki sampai Malaysia. Tetapi ternyata ini membuat risau beberapa orang sebab memandang Lathi Challenge berlawanan dengan ajaran agama.

Melalui Twitter, seorang tokoh agama di Malaysia namanya Wan Dazrin serta minta supaya Lathi Challenge selekasnya disetop sebab dipandang menyimpang. Tidak cuma ditunjuk menyimpang, rintangan serta lagu ini disebutkan bisa menyebut setan.

"Hentikan '#LathiChallenge' saat ini . Sebenarnya tarian2 yang kalian kerjakan itu sgt beresiko untuk dibuat selingan. Kenalilah kalian tarian itu bentuk dari sesetengah budaya Jawa yang syirik & khurafat. Seperti menyebut Kuntilanak dan Roh Kuda Kepang. Tolong hentikannya!" cuit Wan Dazrin pada Kamis, (4/6).


Twitter

Menurut Wan Dazrin diambil dari Tempo.co, Sabtu (6/6), Lathi Challenge tidak hanya mencekam, dan juga memberikan ancaman jati diri seorang muslim. "Serta bukan mencekam shj, selingan yang semacam itu cukup memberikan ancaman jati diri seorang Muslim dgn bahayanya syirik & khurafat yang bentuk dari keyakinan tarian adat sesetengah budaya Jawa yang sgt kuat keyakinan pd bomoh dgn pengetahuan hitam. Hati2lah kalian," ujarnya.

Langsung ciutannya ini mendapatkan banyak tanggapan dari masyarakat Twitter. Opini Wan Dazrin ini menyebabkan banyak amarah dari warganet. Mereka menyebutkan semestinya untuk public figure, Wan Dazrin dapat semakin waspada dalam keluarkan opini.

Ditambah, perkataan Wan Dazrin ini menyulut amarah warganet yang akui untuk warga Jawa. Masalahnya pria asal Selangor, Malaysia itu menyentuh bila ajaran masayarakat Jawa ialah sesat.

Selanjutnya, Wan Dazrin meniadakan ciutan itu di account Twitternya, serta mohon maaf atas semua ucapannya yang sudah menyentuh banyak faksi. Dia akui tidak ada tujuan untuk menyentuh siapa juga atau ras mana juga. Dia cuma ingin menasihati sama-sama muslim atas apakah yang dianya kenali.