Sunday 7 June 2020

Fenomena Strawberry Moon Bakal Hiasi Langit Indonesia Malam Ini


Ada satu kejadian yang akan menghiasi langit Indonesia malam hari ini, Jumat (5/6). Ialah Strawberry Moon, kejadian langit malam yang sayang untuk ditinggalkan.




Kejadian ini diprediksikan berlangsung larut malam kelak. Koordinator Diseminasi Pusat Sains Antariksa Pusat Sains Antariksa Instansi Penerbangan serta Antariksa Nasional (Lapan) Emanuel Sungging Oke menerangkan kejadian ini.

Pada intinya, kejadian strawberry moon ialah bulan purnama biasa. Pemberian nama strawberry ini datang dari arti yang dibikin oleh orang Eropa. Mengenai bulan purnama kelak bertepatan saatnya dengan gerhana penumbra.

"Kemungkinan untuk klarifikasi, Strawberry Moon itu sebenarnya cuma bulan purnama biasa, kebetulan kelak jam 12 malam melalui itu ada gerhana penumbra," kata Emanuel dikutip detikcom, Jumat (5/6). "Terus, jika namanya strawberry itu cuma arti yang bertumbuh di negara Barat."

Kejadian strawberry moon, dapat juga disebutkan untuk gerhana bulan penumbra. Disamping itu di Eropa, beberapa orang disana menyebutkan bulan Juni untuk bulan strawberry.

"Kebetulan saja jika bulan Juni itu dikatakan sebagai bulan strawberry begitu," sambungnya menerangkan. "Arti saja. Sebenarnya cuma gerhana bulan penumbra."

Berkaitan dimana kejadian ini dapat disaksikan, dia menyebutkan bila semua daerah di tanah air dapat memperhatikan kejadian ini. "Dimana saja di Indonesia dapat (melihat Strawberry Moon). Tidak (wilayah spesifik), di beberapa wilayah (dapat lihat)," katanya.

Disamping itu untuk kejadian gerhana bulan biasanya berlangsung 2x dalam satu tahun. Sedang untuk strawberry moon ini ialah panggilan untuk gerhana yang kebetulan jatuh pada bulan Juni. Hingga penyebutan arti strawberry moon cuma arti yang diberi berdasar kearifan lokal wilayah spesifik saja.

"Jika gerhana sich dapat satu tahun 2x. Hanya jika arti strawberry itu jatuhnya di bulan Juni saja. Jadi hanya kebetulan saja namanya," papar Emanuel. "Orang Barat jika di bulan Juni kemungkinan disebutkan strawberry atau apa begitu, jadi ada beberapa istilah wilayah begitu."